Apa perbedaan antara prebiotik dan probiotik? Langsung ke konten utama

Apa perbedaan antara prebiotik dan probiotik?

Apa perbedaan antara prebiotik dan probiotik?

Apa perbedaan antara prebiotik dan probiotik?
Apa perbedaan antara prebiotik dan probiotik?

Prebiotik adalah sejenis serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Mereka berfungsi sebagai makanan untuk probiotik, yang merupakan mikroorganisme kecil yang hidup, termasuk bakteri dan ragi. Baik prebiotik maupun probiotik dapat mendukung bakteri dan organisme lain yang membantu di dalam usus.

Prebiotik dan probiotik mendukung tubuh dalam membangun dan memelihara koloni bakteri dan mikroorganisme lain yang sehat, yang mendukung usus dan membantu pencernaan.

Komponen makanan ini membantu mempromosikan bakteri menguntungkan dengan menyediakan makanan dan menciptakan lingkungan di mana mikroorganisme dapat berkembang.

Prebiotik hadir dalam makanan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Probiotik terjadi pada banyak makanan fermentasi, termasuk yogurt, asinan kubis, dan tempe.
Manfaat dan efek samping probiotik
Penelitian tentang efek probiotik tidak dapat disimpulkan, tetapi menunjukkan bahwa mereka mungkin bermanfaat dalam bidang-bidang berikut:

Kesehatan pencernaan


Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan pada beberapa orang.

Sebuah tinjauan Cochrane 2017 menemukan bahwa mengonsumsi probiotik saat menggunakan antibiotik mengurangi risiko diare terkait antibiotik hingga 60 persen.

Analisis 2014 terhadap 24 percobaan menemukan bahwa probiotik dapat membantu mencegah penyakit yang mengancam jiwa, necrotizing enterocolitis pada bayi prematur.

Kesehatan mental


Badan penelitian yang lebih kecil menunjukkan bahwa probiotik dapat meningkatkan kesehatan mental.

Sebuah ulasan pada tahun 2017 menemukan bahwa probiotik dapat mengurangi gejala depresi, tetapi penulis mencatat bahwa studi tambahan diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

Ada kemungkinan bahwa probiotik memiliki efek ini karena ada hubungan antara usus dan kesehatan otak.

Kesehatan saluran cerna


Hasil studi umumnya menunjukkan bahwa orang-orang dengan gangguan yang mempengaruhi lambung dan usus mungkin melihat perbaikan dengan probiotik.

Sebagai contoh, tinjauan sistematis percobaan pada orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) menemukan bahwa probiotik tampaknya memperbaiki gejala kondisi ini. Namun, penulis mengingatkan bahwa tidak jelas seberapa signifikan manfaatnya atau jenis probiotik mana yang paling efektif.

Kesehatan umum


Para penulis ulasan 2017 pada 17 ulasan Cochrane mempertimbangkan bukti yang mendukung potensi manfaat probiotik.

Mereka menemukan bahwa probiotik dapat menurun:


  • kebutuhan akan antibiotik
  • absen sekolah dari pilek
  • kejadian pneumonia yang dibantu ventilator
  • diabetes gestasional
  • infeksi vagina, seperti infeksi ragi
  • eksim


Namun, tinjauan tersebut tidak menemukan bukti berkualitas tinggi bahwa probiotik dapat mencegah penyakit, dan penulis menyimpulkan bahwa diperlukan lebih banyak uji coba.
Efek samping

Menurut ulasan yang sama di atas, orang dengan penyakit Crohn memiliki risiko lebih tinggi mengalami efek samping ketika mereka menggunakan probiotik spesifik.

Orang dengan sistem kekebalan yang melemah juga lebih rentan terhadap efek samping.

Penelitian lain dari Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif mendukung kesimpulan bahwa probiotik mungkin tidak aman untuk orang dengan kondisi medis mendasar yang serius.

Analisis uji probiotik 2018 memperingatkan bahwa banyak penelitian tidak melaporkan data keselamatan, termasuk informasi tentang efek samping, bahkan ketika mereka mengklaim membuktikan bahwa probiotik bekerja.

Kurangnya data tentang keamanan menunjukkan bahwa para ilmuwan hanya tahu sedikit tentang risiko probiotik, terutama potensi masalah penggunaan jangka panjang.

Siapa pun yang khawatir tentang risiko efek samping harus berbicara dengan dokter sebelum secara signifikan meningkatkan asupan probiotik.

Manfaat dan efek samping dari prebiotik


Prebiotik adalah komponen dari beberapa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Mereka berfungsi sebagai makanan bagi bakteri dan organisme bermanfaat lainnya di usus.

Manfaat prebiotik memiliki kaitan dengan manfaat probiotik. Prebiotik dapat mendukung usus yang sehat, menawarkan kesehatan pencernaan yang lebih baik, lebih sedikit masalah kesehatan terkait antibiotik, dan manfaat lainnya.

Ada sedikit penelitian tentang prebiotik daripada probiotik.

Akibatnya, sejauh mana prebiotik meningkatkan kesehatan tidak jelas. Para ilmuwan belum sepenuhnya yakin bahwa mereka dapat memperkuat manfaat probiotik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa prebiotik dapat bermanfaat bagi tubuh dengan:


  • meningkatkan penyerapan kalsium
  • mengubah seberapa cepat tubuh dapat memproses karbohidrat
  • mendukung pertumbuhan probiotik bakteri usus, berpotensi meningkatkan pencernaan dan metabolisme


Prebiotik terjadi secara alami di banyak makanan, sehingga tidak perlu orang mengonsumsi suplemen prebiotik.

Saat ini tidak ada bukti bahwa mengambil prebiotik dan probiotik secara bersamaan berbahaya. Namun, orang yang memiliki penyakit kronis atau penyakit serius harus menghindari suplemen probiotik atau prebiotik kecuali jika dokter menyarankan sebaliknya.

Penelitian tentang efek samping prebiotik juga masih dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan penyelidikan lebih lanjut.
Bagaimana prebiotik dan probiotik berinteraksi

Prebiotik berfungsi sebagai makanan untuk probiotik, sehingga probiotik membutuhkan akses ke prebiotik agar bekerja secara efektif.

Penelitian yang menilai hubungan antara keduanya sedang berlangsung, dan para ilmuwan belum bisa memastikan

Makanan


Orang-orang yang makan makanan yang seimbang, bervariasi, dan sehat akan mendapatkan banyak prebiotik dan probiotik melalui makanan mereka:

Makanan probiotik


Banyak makanan kaya akan probiotik, termasuk:

  • yogurt
  • kefir
  • makanan fermentasi, seperti asinan kubis dan kimchi
  • kombucha
  • buttermilk fermentasi tradisional
  • keju fermentasi, seperti Gouda


Makanan prebiotik

Dengan memasukkan berbagai makanan dalam diet mereka, orang dapat memastikan bahwa mereka mengkonsumsi berbagai prebiotik yang dapat memicu berbagai jenis bakteri. Prebiotik ada dalam banyak makanan berserat tinggi, termasuk beberapa buah, sayuran, dan biji-bijian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidur di Kamar Dingin Lebih Baik untuk Kesehatan Anda

Tidur di Kamar Dingin Lebih Baik untuk Kesehatan Anda
Pada bulan-bulan musim dingin, beberapa dari kita tidak sabar untuk melompat ke tempat tidur berjajar kain flanel yang hangat dan menutupi diri kita dengan selimut sebelum tertidur. Dan kemudian secara umum kita bangun beberapa jam kemudian tidak nyaman, berkeringat, dan berjuang untuk kembali tidur. Yang lain dari kita harus memiliki jendela terbuka, atau kipas angin yang bersirkulasi agar bisa tidur setiap malam tidak peduli apa musimnya: penyebut yang sama? Tubuh kita suka mendingin di malam hari, dan ketika mulai memanas - itu mengganggu tidur kita.

Manfaat tidur di kamar dingin bervariasi, tetapi semua mengarah pada istirahat malam yang lebih baik dan meningkatkan tidak hanya tidur Anda, tetapi kesehatan Anda juga. Dan dengan kurang tidur menjadi penyebab utama penyakit jantung, obesitas, dan gangguan fungsi kognitif - memperhatikan detail untuk membantu Anda tidur bermanfaat.

Apa Suhu Optimal?
Bagian dari alasan mengapa tidur di …

10 Tips Motivasi untuk Menjaga Anda Tetap Sehat

10 Tips Motivasi untuk Menjaga Anda Tetap Sehat
Menemukan diri Anda kehilangan minat dalam berolahraga dan makan makanan yang sehat? Mungkin Anda gung ho selama beberapa minggu dan kemudian tekad bulat Anda dengan cepat memudar - dan Anda kembali ke kebiasaan lama Anda yang buruk.

Bagaimana jika alih-alih melakukan perubahan besar dengan pendekatan semua atau tidak sama sekali untuk penurunan berat badan dan kesehatan yang baik, Anda memutuskan untuk menangani beberapa perubahan sederhana pada suatu waktu? Studi menunjukkan bahwa kebiasaan kesehatan dan penurunan berat badan yang memiliki peluang terbaik untuk bertahan lama adalah kebiasaan yang menuntut perubahan kecil yang bisa dilakukan.

Menurut Penny Kris-Etherton, PhD, seorang profesor nutrisi di Penn State University, kuncinya adalah mengambil langkah-langkah kecil yang positif dan bergerak maju secara konsisten. "Orang-orang harus realistis tentang perubahan yang dapat mereka capai."

Pertimbangkan sepuluh tip motivasi ber…

Membantu Anak Anda Mencapai dan Menjaga Berat Badan yang Sehat

Membantu Anak Anda Mencapai dan Menjaga Berat Badan yang Sehat
Sebagai orang tua, beberapa hal lebih manis daripada bayi Anda yang memiliki pipi penuh atau lutut gemuk anak Anda. Namun, bagi beberapa anak, lemak bayi yang menggemaskan bisa menjadi masalah kesehatan. Jika Anda memperhatikan anak Anda berjuang melawan berat badannya, Anda mungkin merasa sendirian atau tidak berdaya; pada kenyataannya, kamu juga tidak. Obesitas pada masa kanak-kanak memengaruhi banyak keluarga di seluruh dunia, tetapi sebagian besar dari kasus ini dapat dicegah — dan masih dapat dibalik. Dengan dukungan, dorongan, dan pemodelan peran positif, Anda dapat membantu anak Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Obesitas anak: memahami masalahnya
Saat ini, hampir 1 dari 4 anak dan remaja di negara maju kelebihan berat badan atau obesitas. Pound ekstra itu membuat anak-anak berisiko terkena masalah kesehatan serius, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan asma. Obesitas pada masa kanak-kanak juga…