Membantu Anak Anda Mencapai dan Menjaga Berat Badan yang Sehat Langsung ke konten utama

Membantu Anak Anda Mencapai dan Menjaga Berat Badan yang Sehat

Membantu Anak Anda Mencapai dan Menjaga Berat Badan yang Sehat

Membantu Anak Anda Mencapai dan Menjaga Berat Badan yang Sehat
Membantu Anak Anda Mencapai dan Menjaga Berat Badan yang Sehat

Sebagai orang tua, beberapa hal lebih manis daripada bayi Anda yang memiliki pipi penuh atau lutut gemuk anak Anda. Namun, bagi beberapa anak, lemak bayi yang menggemaskan bisa menjadi masalah kesehatan. Jika Anda memperhatikan anak Anda berjuang melawan berat badannya, Anda mungkin merasa sendirian atau tidak berdaya; pada kenyataannya, kamu juga tidak. Obesitas pada masa kanak-kanak memengaruhi banyak keluarga di seluruh dunia, tetapi sebagian besar dari kasus ini dapat dicegah — dan masih dapat dibalik. Dengan dukungan, dorongan, dan pemodelan peran positif, Anda dapat membantu anak Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Obesitas anak: memahami masalahnya


Saat ini, hampir 1 dari 4 anak dan remaja di negara maju kelebihan berat badan atau obesitas. Pound ekstra itu membuat anak-anak berisiko terkena masalah kesehatan serius, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan asma. Obesitas pada masa kanak-kanak juga mengambil korban emosional. Anak-anak yang kelebihan berat badan sering mengalami kesulitan mengimbangi anak-anak lain dan bergabung dalam olahraga dan kegiatan. Anak-anak lain mungkin menggoda dan mengecualikan mereka, yang menyebabkan harga diri rendah, citra tubuh negatif, dan bahkan depresi.

Tetapi ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak-anak Anda. Mendiagnosis masalah berat badan dan obesitas pada anak-anak sedini mungkin dapat mengurangi risiko mengembangkan kondisi medis yang serius ketika mereka semakin tua. Dan dengan melibatkan seluruh keluarga, Anda dapat memutus siklus masalah berat badan dan obesitas, meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak-anak Anda, dan membantu mereka membangun hubungan yang sehat dengan makanan yang akan bertahan seumur hidup. Berapa pun berat badan anak-anak Anda, beri tahu mereka bahwa Anda mencintai mereka dan yang ingin Anda lakukan hanyalah membantu mereka menjadi sehat dan bahagia.

Apakah anak Anda kelebihan berat badan?


Anak-anak tumbuh pada tingkat yang berbeda pada waktu yang berbeda, sehingga tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah seorang anak kelebihan berat badan. Indeks massa tubuh (BMI) menggunakan pengukuran tinggi dan berat badan untuk memperkirakan berapa banyak lemak tubuh yang dimiliki anak. Namun, sementara BMI biasanya merupakan indikator yang baik, itu BUKAN ukuran yang sempurna dari lemak tubuh dan bahkan dapat menyesatkan pada saat anak-anak mengalami periode pertumbuhan yang cepat.

Jika anak Anda mendaftarkan pengukuran IMT tinggi untuk usia, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin perlu melakukan penilaian dan skrining lebih lanjut untuk menentukan apakah kelebihan lemak merupakan masalah.

Penyebab masalah berat badan dan obesitas pada anak


Memahami bagaimana anak-anak menjadi kelebihan berat badan di tempat pertama adalah langkah penting menuju memutus siklus. Sebagian besar kasus obesitas pada anak disebabkan oleh makan terlalu banyak dan terlalu sedikit berolahraga. Anak-anak membutuhkan makanan yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Tetapi ketika mereka mengambil lebih banyak kalori daripada yang mereka bakar sepanjang hari, hasilnya adalah penambahan berat badan.

Penyebab masalah berat badan pada anak dapat meliputi:


Keluarga yang sibuk memasak di rumah lebih sedikit dan makan lebih banyak.
Akses mudah ke makanan cepat saji dan junk food murah dan berkalori tinggi.
Porsi makanan yang lebih besar, baik di restoran maupun di rumah.
Anak-anak mengonsumsi gula dalam jumlah besar dalam minuman manis dan disembunyikan dalam berbagai makanan.
Anak-anak menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bermain di luar secara aktif, dan lebih banyak waktu menonton TV, bermain video game,
dan duduk di depan komputer.
Banyak sekolah menghilangkan atau mengurangi program pendidikan jasmani mereka.

Mitos dan Fakta tentang Masalah Berat dan Obesitas pada Anak

Mitos 1: Obesitas pada masa kanak-kanak adalah genetik, jadi tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk itu.


Fakta: Sementara gen seseorang memang memengaruhi berat badan, mereka hanya satu bagian kecil dari persamaan. Meskipun beberapa anak lebih rentan mengalami kenaikan berat badan daripada yang lain, itu tidak berarti mereka ditakdirkan untuk masalah berat badan. Sebagian besar anak-anak dapat mempertahankan berat badan yang sehat jika mereka makan dengan benar dan berolahraga.

Mitos 2: Anak-anak yang mengalami obesitas atau kegemukan harus melakukan diet.


Fakta: Kecuali jika diarahkan oleh dokter anak Anda, pengobatan untuk obesitas anak-anak bukanlah penurunan berat badan. Tujuannya adalah memperlambat atau menghentikan kenaikan berat badan, memungkinkan anak Anda tumbuh menjadi berat badan ideal.

Mitos 3: Ini hanya bayi gemuk. Anak-anak akan melebihi beratnya.


Fakta: Kegemukan pada masa kanak-kanak tidak selalu mengarah pada obesitas di masa dewasa, tetapi hal itu meningkatkan risiko secara dramatis. Mayoritas anak-anak yang kelebihan berat badan setiap saat selama prasekolah atau sekolah dasar masih kelebihan berat badan saat mereka memasuki usia remaja. Sebagian besar anak tidak mengatasi masalah.

Untuk mengatasi masalah berat badan, libatkan seluruh keluarga


Kebiasaan sehat dimulai dari rumah. Cara terbaik untuk melawan atau mencegah masalah obesitas dan berat badan anak-anak adalah membuat seluruh keluarga di jalur yang lebih sehat. Membuat pilihan makanan yang lebih baik dan menjadi lebih aktif akan menguntungkan semua orang, terlepas dari berat badannya.

Anda juga dapat membuat dampak besar pada kesehatan anak-anak Anda dengan melibatkan diri dengan detail kehidupan mereka. Meluangkan waktu bersama anak-anak Anda — berbicara tentang hari mereka, bermain, membaca, memasak — dapat memberi mereka dorongan harga diri yang mungkin mereka perlukan untuk membuat perubahan positif.
Memimpin dengan memberi contoh

Jika anak-anak Anda melihat Anda makan sayuran, aktif, dan membatasi waktu TV Anda, ada kemungkinan besar mereka akan melakukan hal yang sama.

Apa yang Anda makan: Beri tahu anak Anda tentang makanan sehat yang Anda makan, saat Anda memakannya. ”

Ketika Anda memasak: Masak secara sehat di depan anak-anak Anda. Lebih baik lagi, beri mereka pekerjaan sesuai usia di dapur. Beri tahu mereka tentang apa yang Anda buat dan mengapa itu baik untuk tubuh Anda.

Cara Anda bergerak: Berolah raga dengan cara tertentu, setiap hari. Jadilah otentik — lakukan hal-hal yang Anda sukai. Beri tahu anak-anak Anda apa yang Anda lakukan, dan undang mereka untuk bergabung dengan Anda.

Waktu luang Anda: Hindari televisi atau terlalu banyak waktu komputer. Anak-anak lebih kecil kemungkinannya untuk mengaktifkan layar jika mereka mati dan Anda melakukan sesuatu yang dapat mereka lakukan.

Strategi untuk Kehidupan Nyata


Ketahuilah bahwa Anda memiliki lebih banyak kendali daripada yang mungkin Anda pikirkan. Anda dapat mematikan TV, komputer, atau permainan video. Anda dapat memilih untuk turun dari bus satu kali lebih awal dari biasanya dan berjalan sepanjang jalan, terutama ketika Anda bersama anak-anak Anda. Anda bisa memberi keluarga Anda lebih banyak sayuran untuk makan malam.
Pikirkan tentang manfaat langsungnya. Jika mengurangi risiko penyakit jantung di masa depan tampak abstrak, fokuslah pada hal-hal baik yang dapat terjadi saat ini. Anda tidak akan merasa tidak nyaman penuh jika Anda memiliki porsi lebih kecil atau melewatkan makanan penutup. Pergi hiking bersama anak remaja Anda mungkin mengarah ke pembicaraan luar biasa yang tidak Anda harapkan. Menari atau bermain dengan anak-anak Anda sangat menyenangkan dan dapat memberikan Anda latihan yang hebat.
Buat perubahan kecil dan mudah seiring waktu. Menyarankan agar anggota keluarga berlari bersama setiap hari mungkin akan membuat Anda banyak yang melirik. Lebih mudah dan lebih menarik untuk memulai dengan beberapa pendekatan baru untuk nutrisi dan aktivitas fisik yang benar-benar ingin dicoba oleh seluruh keluarga. Misalnya, berjalan-jalan setelah makan malam beberapa malam dalam seminggu alih-alih menyalakan TV.

Buat pilihan makanan yang lebih sehat


Meskipun Anda mungkin perlu membuat perubahan besar pada kebiasaan makan keluarga Anda, mengubah semuanya sekaligus biasanya mengarah pada kecurangan atau menyerah. Alih-alih, mulailah dengan membuat langkah-langkah kecil dan bertahap menuju makan sehat — seperti menambahkan salad untuk makan malam setiap malam atau menukar kentang goreng dengan sayuran kukus — alih-alih satu peralihan drastis yang besar. Seiring perubahan kecil menjadi kebiasaan, Anda dapat terus menambahkan pilihan yang lebih sehat.

Makan pelangi. Sajikan dan dorong konsumsi beragam buah dan sayuran. Ini harus termasuk merah (bit, tomat), oranye (wortel, labu), kuning (kentang, pisang), hijau (selada, brokoli) dan sebagainya — seperti halnya memakan pelangi.

Jadikan sarapan sebagai prioritas. Anak-anak yang makan sarapan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami kegemukan atau obesitas daripada mereka yang melewatkan makan pertama hari itu. Penting untuk fokus pada pilihan yang sehat, seperti oatmeal, buah segar, sereal gandum tinggi serat dan rendah gula, dan susu rendah lemak, bukan sereal manis, donat, atau kue-kue pemanggang roti.

Cari gula tersembunyi. Mengurangi jumlah permen dan makanan penutup yang Anda dan anak Anda makan hanyalah bagian dari pertempuran. Gula juga tersembunyi dalam makanan yang beragam seperti roti, sup kalengan, saus pasta, kentang tumbuk instan, makan malam beku, makanan rendah lemak, makanan cepat saji, dan kecap. Tubuh mendapatkan semua yang dibutuhkannya dari gula yang terjadi secara alami dalam makanan — jadi apa pun yang ditambahkan jumlahnya tidak lebih dari banyak kalori kosong. Periksa label dan pilih produk-produk rendah gula dan gunakan bahan-bahan segar atau beku daripada barang kalengan.

Jadwalkan waktu makan reguler. Mayoritas anak-anak suka rutin. Jika anak-anak Anda tahu bahwa mereka hanya akan mendapatkan makanan pada waktu-waktu tertentu, mereka akan cenderung makan apa yang mereka dapatkan ketika mereka mendapatkannya.

Batasi makan di luar. Jika Anda harus makan di luar, cobalah untuk menghindari makanan cepat saji.

Jangan gendut, gendut


Tidak semua lemak berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Jadi, alih-alih mencoba mengurangi lemak dari diet anak Anda, fokuslah mengganti lemak yang tidak sehat dengan lemak sehat.

Hindari lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan anak Anda. Cobalah untuk menghilangkan atau mengurangi makanan yang dipanggang secara komersial yang dikemas makanan ringan, makanan yang digoreng, dan apa pun dengan minyak "terhidrogenasi sebagian" dalam bahan, bahkan jika itu diklaim bebas lemak trans.

Tambahkan lebih banyak lemak sehat yang dapat membantu anak mengontrol gula darah dan menghindari diabetes. Lemak tak jenuh atau "baik" termasuk alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan berlemak, kedelai, tahu, biji rami, kubis Brussel, kangkung, dan bayam.

Pilih lemak jenuh dengan bijak. USDA merekomendasikan untuk membatasi lemak jenuh hingga 10 persen dari kalori harian anak Anda. Fokus pada sumber lemak jenuh yang dikonsumsi: Segelas susu murni atau keju alami daripada hot dog, donat, atau kue kering, misalnya, atau ayam bakar atau ikan daripada ayam goreng.
Jadilah cerdas tentang makanan ringan dan makanan manis

Rumah Anda adalah tempat anak Anda kemungkinan besar makan sebagian besar makanan dan makanan ringan, jadi sangat penting bahwa dapur Anda dipenuhi dengan pilihan sehat.

Cari gula tersembunyi. Mengurangi jumlah permen dan makanan penutup yang Anda dan anak Anda makan hanyalah bagian dari pertempuran. Gula juga tersembunyi dalam makanan yang beragam seperti roti, sup kalengan, saus pasta, kentang tumbuk instan, makan malam beku, dan makanan rendah lemak. Periksa label dan pilih produk-produk rendah gula dan gunakan bahan-bahan segar atau beku daripada barang kalengan.

Jangan melarang permen sama sekali. Sementara banyak anak-anak mengkonsumsi terlalu banyak gula, tidak memiliki aturan permen adalah undangan untuk mengidam dan terlalu banyak minum ketika diberi kesempatan. Sebagai gantinya, batasi jumlah kue, permen, dan makanan yang dipanggang yang dimakan anak Anda dan sebagai gantinya, berikan makanan ringan dan makanan penutup berbahan dasar buah.

Batasi jus, soda, dan minuman kopi. Minuman bersoda dipenuhi dengan gula, getar, dan minuman kopi bisa sama buruknya. Banyak jus bukan nutrisi yang lebih baik, jadi tawarkan anak Anda air bersoda dengan sedikit jeruk nipis, mint segar, atau percikan jus buah.

Simpan camilan kecil. Jangan mengubah camilan menjadi makanan. Batasi hingga 100 hingga 150 kalori.

Pilih opsi pengurangan gula. Saat membeli makanan seperti sirup, jeli, dan saus, pilihlah produk yang berlabel "gula berkurang" atau "gula tidak ditambahkan."

Fokus pada buah. Keluarkan semangkuk buah untuk anak-anak Anda untuk cemilan — anak-anak suka satsuma atau jeruk keprok. Dan menawarkan buah sebagai suguhan manis — jus batang beku, smoothie buah, stroberi, dan sesendok krim kocok, buah segar ditambahkan ke yogurt biasa, atau irisan apel dengan selai kacang.

Lakukan eksperimen dengan bumbu dan rempah-rempah. Gunakan bumbu dan rempah-rempah yang rasanya manis seperti mint, kayu manis, allspice, atau pala untuk menambah rasa manis pada makanan tanpa kalori yang kosong.

Periksa kadar gula sereal anak Anda. Ada perbedaan besar dalam jumlah gula tambahan antara berbagai merek sereal. Beberapa sereal mengandung lebih dari 50% gula. Cobalah mencampur sereal rendah gula dan serat tinggi dengan sereal manis favorit anak Anda, atau tambahkan buah segar atau kering ke oatmeal untuk rasa manis alami.

Suruh anak-anak Anda bergerak


Anak-anak yang duduk terlalu banyak dan bergerak terlalu sedikit berada pada risiko tertinggi untuk menjadi kelebihan berat badan. Anak-anak memerlukan satu jam olahraga setiap hari untuk kesehatan yang optimal. Ini mungkin terlihat seperti banyak, tetapi olahraga tidak harus terjadi di gym atau sekaligus. Sebaliknya, cobalah untuk memasukkan gerakan ke dalam rutinitas rutin keluarga Anda.
Ide latihan untuk anak-anak

Ini dulunya biasa untuk menemukan anak-anak berlarian dan bermain di jalan-jalan di lingkungan mereka, secara alami menghabiskan energi dan berolahraga. Di dunia saat ini, itu tidak selalu menjadi pilihan, tetapi Anda masih memiliki opsi untuk meningkatkan tingkat aktivitas mereka.

Mainkan game dalam ruangan yang aktif. Simpan remote-nya dan atur beberapa game indoor yang aktif. Anda dapat memainkan tag (mungkin tag merangkak, sehingga Anda menjaga mess ke minimum), petak umpet, atau Simon Says (pikirkan melompat jack dan peregangan).

Cobalah video game berbasis aktivitas, seperti yang dari Wii dan Kinect yang dimainkan sambil berdiri dan bergerak — simulasi menari, bermain skateboard, sepak bola, bowling, atau tenis. Setelah anak Anda mendapatkan kepercayaan diri, menjauhlah dari layar dan mainkan hal yang nyata di luar.

Aktif di luar bersama anak Anda. Berjalan-jalan bersama, bersepeda di sekitar lingkungan, jelajahi taman lokal, kunjungi taman bermain, atau bermain di halaman. Jika masuk akal untuk lingkungan dan jadwal Anda, berjalanlah ke dan dari kegiatan dan sekolah.

Lakukan tugas bersama. Mungkin itu bukan pilihan pertama anak Anda, tetapi melakukan pekerjaan rumah tangga adalah cara yang sangat efektif untuk berolahraga. Mengepel, menyapu, membuang sampah, membersihkan debu, atau menyedot debu membakar sejumlah kalori yang mengejutkan.

Daftarkan anak-anak di olahraga sepulang sekolah atau kegiatan lainnya. Jika anggaran Anda memungkinkan, daftarkan anak-anak untuk bermain olahraga atau terlibat dalam aktivitas di mana mereka aktif secara fisik. YMCA, YWCA, atau Boys 'and Girls' Club lokal adalah tempat yang aman bagi anak-anak untuk berolahraga dan bermain.

Daftarkan diri Anda untuk jalan kaki 5 atau 10K / lari bersama anak Anda. Kadang-kadang memiliki tujuan dalam pikiran dapat memotivasi bahkan olahragawan yang paling enggan sekalipun. Temukan acara ramah anak di daerah Anda dan beri tahu anak Anda bahwa Anda akan "dilatih" untuk itu bersama. Pastikan untuk merayakan ketika Anda mencapai prestasi ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidur di Kamar Dingin Lebih Baik untuk Kesehatan Anda

Tidur di Kamar Dingin Lebih Baik untuk Kesehatan Anda
Pada bulan-bulan musim dingin, beberapa dari kita tidak sabar untuk melompat ke tempat tidur berjajar kain flanel yang hangat dan menutupi diri kita dengan selimut sebelum tertidur. Dan kemudian secara umum kita bangun beberapa jam kemudian tidak nyaman, berkeringat, dan berjuang untuk kembali tidur. Yang lain dari kita harus memiliki jendela terbuka, atau kipas angin yang bersirkulasi agar bisa tidur setiap malam tidak peduli apa musimnya: penyebut yang sama? Tubuh kita suka mendingin di malam hari, dan ketika mulai memanas - itu mengganggu tidur kita.

Manfaat tidur di kamar dingin bervariasi, tetapi semua mengarah pada istirahat malam yang lebih baik dan meningkatkan tidak hanya tidur Anda, tetapi kesehatan Anda juga. Dan dengan kurang tidur menjadi penyebab utama penyakit jantung, obesitas, dan gangguan fungsi kognitif - memperhatikan detail untuk membantu Anda tidur bermanfaat.

Apa Suhu Optimal?
Bagian dari alasan mengapa tidur di …

10 Tips Motivasi untuk Menjaga Anda Tetap Sehat

10 Tips Motivasi untuk Menjaga Anda Tetap Sehat
Menemukan diri Anda kehilangan minat dalam berolahraga dan makan makanan yang sehat? Mungkin Anda gung ho selama beberapa minggu dan kemudian tekad bulat Anda dengan cepat memudar - dan Anda kembali ke kebiasaan lama Anda yang buruk.

Bagaimana jika alih-alih melakukan perubahan besar dengan pendekatan semua atau tidak sama sekali untuk penurunan berat badan dan kesehatan yang baik, Anda memutuskan untuk menangani beberapa perubahan sederhana pada suatu waktu? Studi menunjukkan bahwa kebiasaan kesehatan dan penurunan berat badan yang memiliki peluang terbaik untuk bertahan lama adalah kebiasaan yang menuntut perubahan kecil yang bisa dilakukan.

Menurut Penny Kris-Etherton, PhD, seorang profesor nutrisi di Penn State University, kuncinya adalah mengambil langkah-langkah kecil yang positif dan bergerak maju secara konsisten. "Orang-orang harus realistis tentang perubahan yang dapat mereka capai."

Pertimbangkan sepuluh tip motivasi ber…